Skip to main content

Tipe-tipe Pencahayaan Ruangan pada Desain Interior Hunian

Terdapat banyak pilihan tipe pencahayaan yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan mebel Jepara. Agar Teman Narasi tidak kebingungan saat memilih, tim Narasi Design telah merangkum tiga kategori utama pencahayaan yang biasa digunakan dalam desain interior di bawah ini!

1. General Lighting
Istilah general lighting juga sering disebut dengan istilah low lighting atau ambient lighting. Tipe ini adalah tipe pencahayaan dasar yang umumnya dimiliki setiap hunian sebagai sumber penerangan utama. Penerangan umumnya dilakukan dengan menempatkan lampu pada titik tengah ruangan atau pada beberapa titik yang dipasang secara simetris, untuk menghasilkan sumber cahaya yang terang dan menyeluruh, contohnya seperti lampu pada langit-langit atau chandelier.

2. Task Lighting
Task lighting adalah tipe pencahayaan terkonsentrasi yang memungkinkan kita menempatkan sumber cahaya yang sesuai di tempat yang paling dibutuhkan, untuk menerangi area tertentu, dan untuk memberikan visibilitas untuk kegiatan seperti membaca, memasak, berpakaian, atau melakukan pekerjaan rumah. Teman Narasi bisa fokus pada area di atas meja dapur, meja rias kamar mandi, meja, atau di samping tempat tidur untuk menempatkan task lighting dengan tepat. Task lighting wajib diaplikasikan pada hunian Teman Narasi untuk menghindari mata yang mudah tegang dan lelah saat melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Beberapa pilihan task lighting antara lain pencahayaan di bawah kabinet dapur yang dapat digunakan saat membaca resep, pendant lights atau lampu gantung yang diletakkan di dapur atau di atas meja makan.

 3. Accent Lighting
Accent Lighting atau yang juga disebut dengan decorative lighting ini digunakan untuk menyorot area tertentu pada ruangan, seperti karya seni, pintu masuk, atau bagian ruangan lainnya. Tipe pencahayaan ini juga digunakan untuk menegaskan sebuah titik fokus pada ruangan, menyorot dinding bertekstur atau fitur arsitektur lainnya. Beberapa contoh accent lighting yaitu lampu sorot (track lighting) dan lampu tersembunyi yang biasa dipasang di sekeliling langit-langit (cove lighting). Pengaplikasian lampu dinding atau wall sconces juga dapat digunakan untuk menghasilkan tampilan ruang yang lebih dekoratif dan dinamis.

Pencahayaan yang ditata dengan apik akan membangun estetika dan menciptakan suasana yang lebih hidup dalam ruangan. Sebagai rekomendasi, proporsi pencahayaan yang baik untuk menerangi ruangan adalah 80% datang dari lampu di langit-langit atau dinding dan 20% datang dari lampu bergerak seperti lampu meja dan floor lamps. Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Sumber : narasidesign

Popular posts from this blog

4 Tips Penting Memilih Meja Makan

 Salah satu perihal yang tidak bisa dibiarkan kala Kamu wajib mendesain suatu ruangan merupakan furniture. Salah satu furniture yang sangat pokok dalam suatu ruang makan merupakan meja makan. Memilah meja makan terkadang pula ialah perihal yang tidak gampang. Kenapa demikian? Untuk sebagian orang memilah furniture wajib memikirkan bermacam alibi semacam halnya Kamu kala memilah meja makan. Pemilihan meja makan yang sembarangan terkadang hendak membuat tampilan ruang makan Kamu tidak serasi. Oleh sebab itu, meja makan memanglah wajib diseleksi dengan cermat bukan cuma dari harga yang ditawarkan. Banyak sekali desain meja makan yang tersebar di pasaran. Hendak namun, tidak seluruh meja tersebut bisa sesuai buat digunakan di ruang makan Kamu, semacam halnya bila Kamu mempunyai ruang makan dengan tema klasik, hingga Kamu pula wajib membiasakan tema furniturenya dengan tema dari ruangan yang Kamu miliki. Gimana trik memilah meja makan yang pas buat ruang makan Kamu? Ikuti sebagian panduan b

8 Tips Penerangan yang Sustainable untuk Hunian

Pencahayaan merupakan salah satu komponen paling penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam penggunaannya, sudah sepatutnya kita lebih memerhatikan dampak penggunaan energi dari perspektif ekologis, agar dapat berkelanjutan. Furniture Jepara Selain itu, jika kita lebih bijak menggunakan energi untuk pencahayaan hunian, dengan mengikuti kemajuan teknologi dan inovasi pencahayaan yang lebih sustainable, serta melakukan pemeliharaan dengan baik, kita tidak hanya bertanggung jawab atas lingkungan dan generasi mendatang, tetapi dapat menghemat biaya listrik. Berikut adalah tips untuk penerangan yang lebih sustainable untuk hunian. 1. Beralih ke lampu LED Lampu LED adalah investasi jangka panjang yang baik untuk penerangan hunian yang lebih sustainable. Beralih dari bohlam lampu pijar ke lampu LED dapat menghemat energi dan memotong tagihan listrik. Dilansir dari lightology.com, Departemen Energi Amerika Serikat menyatakan bahwa teknologi pencahayaan LED dapat menghemat energi samp

Tips Mempersiapkan Desain Kamar Tidur Sederhana Sesuai Karaktermu

Kenyamanan tempat tidur dapat tingkatkan semangat belajar kita di dalam rumah. Disamping itu, kualitas istirahat kita bisa juga lebih bagus dan maksimal. Kualitas tidur yang bagus, akan membuat kita kembali fresh saat bangun tidur kelak. Hingga, kita dapat mengawali kegiatan esok harinya dengan semangat. Karena tempat tidur ialah hal paling penting, karena itu kita harus jeli dan mempunyai gagasan yang masak untuk membuat desainnya seperti kamar set mewah . Nach, berikut hal yang penting kamu siapkan saat ingin membuat desain kamar. 1. Lihat Ukuran Kamar Nach, saat sebelum mengambil langkah lebih jauh, kamu harus lihat ukuran kamarmu dahulu. Pikir kurang lebih dekor apakah yang pas sama ukuran kamarmu. Jika kamarmu termasuk lumayan luas, kemungkinan kamu dapat semakin bebas untuk mendekornya. Tetapi, jika tidak terlampau luas, kamu dapat pikirkan bagaimana triknya supaya kamarmu dapat kelihatan luas dan tidak berkesan sempit. Baca juga : https://www.abdulseo.eu.org/ Ukuran kamar yang t